Kamu Mahasiswa yang Hobi Menulis? Ini 10 Ide Bisnis yang Cocok Buat Kamu!

- 22 Juni 2024, 10:10 WIB
Ide bisnis untuk mahasiswa yang hobi menulis.
Ide bisnis untuk mahasiswa yang hobi menulis. /Ilustrasi dari PIXABAY/

PR JATENG - Bagi mereka yanmahasiswa yang memiliki hobi menulis, bakat ini bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Tak hanya menyalurkan hobi, kamu juga bisa meraup keuntungan finansial dengan berbagai ide bisnis berbasis tulisan. Di bahwa ini adalah 10 ide bisnis untuk mahasiswa  yang memiliki hobi menulis. Bukan hanya menjadi hobi belaka, tetapi dapat menghasilkan uang.

Penulis Lepas

Bisnis ini terbilang mudah dan minim modal. Kamu hanya membutuhkan laptop, koneksi internet, dan kemampuan menulis yang baik. Peluangnya pun luas, mulai dari menulis artikel blog, website, hingga copywriting untuk media sosial dan iklan. Perkiraan keuntungan bervariasi tergantung jenis tulisan, jam kerja, dan klien. Rata-rata, penulis lepas bisa mendapatkan penghasilan Rp500 ribu - Rp2 juta per bulan.

Blogger

Membangun blog pribadi bisa menjadi cara lain untuk menghasilkan uang melalui tulisan. Pilih niche yang kamu kuasai dan sukai, seperti kuliner, traveling, atau teknologi. Konsistenlah menulis artikel berkualitas dan promosikan blogmu di media sosial. Setelah memiliki cukup banyak pengikut, kamu bisa mendapatkan penghasilan dari iklan, sponsorship, atau affiliate marketing. Potensi penghasilan dari blog bisa bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah per bulan.

Penulis Cerita Pendek

Bagi kamu yang gemar bercerita fiksi, kamu bisa mencoba menulis cerita pendek dan menjualnya di platform online seperti Karya Karsa, Cabaca, Good Novel, Wattpad, dan sebagainya. Jika karyamu menarik dan digemari banyak pembaca, kamu bisa mendapatkan penghasilan dari iklan, sponsored content, atau donasi dari pembaca. Penghasilan dari platform ini bervariasi, tetapi beberapa penulis populer bisa menghasilkan puluhan juta rupiah per bulan.

Penulis Naskah

Jika kamu memiliki bakat menulis naskah, kamu bisa menawarkan jasamu untuk membuat naskah film pendek, iklan, video YouTube, atau bahkan sinetron. Modal yang dibutuhkan terbilang minim, hanya laptop dan koneksi internet. Perkiraan keuntungan untuk penulis naskah berkisar antara Rp500 ribu - Rp5 juta per naskah, tergantung durasi dan kompleksitas naskah.

Penulis Artikel SEO

Bisnis ini kian diminati seiring dengan maraknya penggunaan website untuk bisnis. Kamu bisa menawarkan jasamu untuk menulis artikel SEO yang menarik dan informatif untuk membantu website klien meningkatkan ranking di mesin pencari. Modal yang dibutuhkan hanya laptop dan koneksi internet. Perkiraan keuntungan untuk penulis artikel SEO berkisar antara Rp200 ribu - Rp500 ribu per artikel, tergantung panjang dan tingkat kesulitan artikel.

Proofreader dan Editor

Bagi kamu yang memiliki mata jeli dan teliti, kamu bisa menawarkan jasa proofreading dan editing untuk membantu penulis lain menyempurnakan karyanya. Modal yang dibutuhkan hanya laptop dan koneksi internet. Perkiraan keuntungan untuk proofreader dan editor berkisar antara Rp100 ribu - Rp300 ribu per halaman, tergantung panjang dan tingkat kesulitan dokumen.

Penulis Konten Media Sosial

Banyak bisnis yang kini memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk dan layanan mereka. Kamu bisa menawarkan jasamu untuk membuat konten media sosial yang menarik dan engaging untuk membantu bisnis tersebut meningkatkan brand awareness dan engagement. Modal yang dibutuhkan hanya laptop dan koneksi internet. Perkiraan keuntungan untuk penulis konten media sosial berkisar antara Rp500 ribu - Rp2 juta per bulan, tergantung jenis dan jumlah konten yang dibuat.

Penulis E-book

Jika kamu memiliki keahlian di bidang tertentu, kamu bisa menuangkan pengetahuannya ke dalam e-book dan menjualnya secara online misalnya melalui Etsy dan sebagainya. Modal yang dibutuhkan terbilang minim, hanya laptop dan koneksi internet.

Copywriter

Copywriter bertugas membuat teks yang menarik dan persuasif untuk berbagai media promosi, seperti iklan, brosur, dan website. Modal yang dibutuhkan hanya laptop dan koneksi internet. Perkiraan keuntungan untuk copywriter berkisar antara Rp500 ribu - Rp2 juta per project, tergantung panjang dan kompleksitas project.

Halaman:

Editor: Khaerul Amanah

Sumber: nerdwallet.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah