Pesawat Garuda Bawa Jemaah Haji Sulsel Mendarat Darurat Usai Mesin Terbakar di Udara, Semua Penumpang Selamat

- 15 Mei 2024, 21:14 WIB
ilustrasi pesawat Garuda Indonesia
ilustrasi pesawat Garuda Indonesia /The Lima Channel/Trengglekpedia.com/tangkapan layar youtube

PR JATENG - Pesawat Garuda Indonesia bernomor penerbangan GIA 1105 yang membawa 450 jemaah haji asal Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), mengalami insiden terbakarnya mesin pada sayap kanan saat baru saja lepas landas dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, pada Rabu 15 Mei 2024.

Beruntungnya, pilot dengan sigap memutuskan untuk melakukan pendaratan darurat dan seluruh jemaah haji dalam kondisi selamat. Peristiwa ini sempat terekam dan videonya beredar luas di media sosial.

Pesawat Garuda Indonesia GIA 1105 lepas landas dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar pada Rabu Rabu 15 Mei 2024 membawa 450 jemaah haji Kloter 5 asal Kabupaten Gowa, Sulsel.

Baca Juga: Pengusaha Semarang Dewi Susilo Budiharjo Penuhi Panggilan DPC Gerindra untuk Penjaringan Pilwalkot 2024

Segera setelah lepas landas, terjadi percikan api pada salah satu mesin pesawat.

Pilot memutuskan untuk melakukan Return to Base (RTB) atau kembali ke bandara sebagai langkah pencegahan dan mendarat darurat dengan selamat.

Seluruh jemaah haji dalam kondisi selamat dan kembali ke Asrama Haji Sudiang Makassar.

Baca Juga: Erick Thohir Bertemu Sekjen KNVB Gijs de Jong, Ini Hasil Diskusi Kedua Pucuk Federasi Sepak Bola Kedua Negara

Garuda Indonesia dalam rilis resminya menyatakan bahwa pilot mengambil keputusan RTB dengan cepat untuk meminimalisir risiko pada aspek keselamatan dan keamanan operasional penerbangan.

Keputusan RTB diambil setelah pilot mengetahui adanya percikan api pada salah satu mesin.

Halaman:

Editor: Eko Wahyu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah