Modal Kurang dari 100 Ribuan, Ini 10 Ide Bisnis untuk Mahasiswa

- 18 Juni 2024, 10:10 WIB
10 ide bisnis untuk mahasiswa modal 100 ribuan. Ilustrasi dari PIXABAY.
10 ide bisnis untuk mahasiswa modal 100 ribuan. Ilustrasi dari PIXABAY. /

PR JATENG - Menjadi mahasiswa memang identik dengan kesibukan dan keterbatasan finansial. Namun, hal tersebut bukan berarti menghambat kamu untuk merintis usaha dan menghasilkan cuan. Tak banyak merogoh kocek, 10 ide bisnis di bawah ini bahkan hanya membutuhkan modal kurang dari Rp 100 ribu. Jadi, cocok untuk mahasiswa yang ingin memulai berbisnis tanpa banyak modal yang harus dikeluarkan.

Jualan Camilan Kekinian

Siapa yang tidak suka camilan? Bisnis ini selalu menjanjikan, apalagi dengan aneka camilan kekinian yang sedang tren. Modalnya pun tidak besar, kamu hanya perlu membeli bahan-bahan dan peralatan masak sederhana. Perkiraan keuntungan bisa mencapai 50% dari modal yang dikeluarkan.

Jasa Desain Grafis

Jika kamu memiliki bakat desain, kamu bisa menawarkan jasa desain grafis secara online. Modal yang dibutuhkan hanya perangkat komputer atau laptop dan koneksi internet. Perkiraan keuntungannya bervariasi tergantung jenis desain dan tingkat kerumitannya.

Content Creator

Bagi kamu yang suka membuat konten kreatif, seperti video, foto, atau tulisan, kamu bisa menjadi content creator di media sosial. Modalnya pun tidak besar, hanya perlu smartphone dan koneksi internet. Perkiraan keuntungannya berasal dari endorsement, iklan, atau kerjasama dengan brand.

Menjual Barang Preloved

Punya banyak barang yang masih bagus tapi sudah tidak terpakai? Jual saja di platform online seperti marketplace atau media sosial. Modalnya hanya untuk biaya foto dan promosi. Perkiraan keuntungannya tergantung kondisi barang dan harga pasaran.

Jasa Mengajar Online

Bagi kamu yang memiliki kemampuan mengajar, kamu bisa menawarkan jasa mengajar online. Modalnya hanya perangkat komputer atau laptop dan koneksi internet. Perkiraan keuntungannya bervariasi tergantung mata pelajaran dan jam mengajar.

Jasa Penerjemah

Jika kamu memiliki kemampuan bahasa asing yang baik, kamu bisa menawarkan jasa penerjemah. Modalnya hanya perangkat komputer atau laptop dan koneksi internet. Perkiraan keuntungannya bervariasi tergantung jenis dokumen dan tingkat kesulitan penerjemahan.

Menulis Artikel Freelance

Bagi kamu yang suka menulis, kamu bisa menawarkan jasa menulis artikel freelance. Modalnya hanya perangkat komputer atau laptop dan koneksi internet. Perkiraan keuntungannya bervariasi tergantung panjang artikel dan topik yang ditulis.

Jasa Edit Foto dan Video

Jika kamu memiliki kemampuan edit foto dan video, kamu bisa menawarkan jasa tersebut secara online. Modalnya hanya perangkat komputer atau laptop dan software editing. Perkiraan keuntungannya bervariasi tergantung jenis editing dan tingkat kerumitannya.

Jualan Kerajinan Tangan

Bagi kamu yang kreatif, kamu bisa membuat kerajinan tangan dan menjualnya secara online. Modalnya hanya untuk membeli bahan baku dan peralatan. Perkiraan keuntungannya bervariasi tergantung jenis kerajinan dan harganya.

Halaman:

Editor: Khaerul Amanah

Sumber: nerdwallet.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah