Kamu Mahasiswa Super Sibuk tapi Pingin Berbisnis? Gunakan 10 Ide Bisnis Ini

- 21 Juni 2024, 12:10 WIB
Ide bisnis untuk mahasiswa.
Ide bisnis untuk mahasiswa. /Ilustrasi dari PIXABAY/

PR JATENG - Menjadi mahasiswa memang identik dengan kesibukan kuliah dan tugas. Namun, di sela-sela padatnya jadwal, tak ada salahnya mencoba peluang bisnis untuk menambah uang saku. Tanpa membutuhkan modal besar, bahkan ada yang tanpa modal sama sekali, berikut ini adalah 10 ide bisnis untuk mahasiswa super sibuk. Jenis bisnis di bawah ini dapat dijalankan tanpa harus terpaku dengan waktu pasti alias sangat fleksibel. Namun, keuntungan yang potensial didapatkan cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Jualan Makanan atau Camilan

Siapa yang tidak suka camilan? Bisnis ini cocok untuk kamu yang jago masak atau punya resep camilan unik. Modalnya pun relatif kecil, tergantung jenis camilan yang dibuat. Keuntungannya pun cukup menjanjikan, apalagi jika kamu bisa menjangkau banyak pembeli.

Jasa Mengajar

Bagi kamu yang pandai di bidang tertentu, seperti matematika, bahasa asing, atau musik, bisa menawarkan jasa mengajar kepada adik kelas atau anak-anak di sekitar. Modalnya hanya pengetahuan dan kesabaran. Keuntungannya pun bisa disesuaikan dengan jam mengajar dan materi yang diajarkan.

Content Creator

Suka membuat konten menarik di media sosial? Manfaatkan bakatmu untuk menjadi content creator! Kamu bisa membuat konten edukasi, hiburan, atau review produk. Modalnya hanya smartphone dan internet. Jika akunmu sudah memiliki banyak pengikut, kamu bisa mendapatkan penghasilan dari iklan, sponsorship, atau endorsement.

Desain Grafis

Jika kamu memiliki kemampuan desain grafis, tawarkan jasamu untuk membuat desain logo, poster, banner, atau infografis. Modalnya hanya perangkat komputer dan software desain. Keuntungannya bisa bervariasi tergantung kerumitan desain dan klien.

Penulis Lepas

Bagi kamu yang gemar menulis, bisa mencoba menjadi penulis lepas. Kamu bisa menulis artikel, blog post, atau copywriting untuk website atau media sosial. Modalnya hanya laptop dan koneksi internet. Keuntungannya bisa disesuaikan dengan panjang artikel dan tingkat kesulitannya.

Penerjemah

Mahir berbahasa asing? Manfaatkan kemampuanmu untuk menjadi penerjemah. Kamu bisa menerjemahkan dokumen, artikel, atau video. Modalnya hanya pengetahuan bahasa dan ketelitian. Keuntungannya bisa bervariasi tergantung jenis dokumen dan tingkat kesulitannya.

Jasa Foto dan Videografi

Bagi kamu yang suka fotografi atau videografi, tawarkan jasamu untuk mengabadikan momen spesial seperti pernikahan, ulang tahun, atau acara wisuda. Modalnya hanya kamera dan skill editing. Keuntungannya bisa disesuaikan dengan jenis event dan durasi pengambilan gambar/video.

Bisnis Online

Banyak platform e-commerce yang bisa kamu manfaatkan untuk berjualan online. Kamu bisa menjual produk handmade, fashion, aksesoris, atau makanan. Modalnya tergantung jenis produk yang dijual. Keuntungannya pun bisa bervariasi tergantung strategi marketing dan target pasar.

Jasa Les Privat

Jika kamu memiliki kemampuan di bidang tertentu, tawarkan jasa les privat kepada siswa-siswi yang membutuhkan bantuan belajar. Modalnya hanya pengetahuan dan kesabaran. Keuntungannya bisa disesuaikan dengan jam mengajar dan materi yang diajarkan.

Halaman:

Editor: Khaerul Amanah

Sumber: nerdwallet.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah