Tak Sekadar Hobi, 10 Ide Bisnis Ini Cocok untuk Mahasiswa Pecinta Gunung

- 19 Juni 2024, 10:10 WIB
Ide bisnis untuk mahasiswa pecinta gunung.
Ide bisnis untuk mahasiswa pecinta gunung. / Ilustrasi dari PIXABAY/

PR JATENG - Bagi para mahasiswa yang hobi mendaki gunung, hobi ini bukan hanya tentang petualangan dan menikmati alam, tapi juga bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Keahlian dan pengalaman di gunung dapat diubah menjadi sumber penghasilan tambahan, bahkan bisa menjadi pekerjaan utama setelah lulus kuliah. Hal ini memungkinkan sebab jenis pekerjaan ini diprediksi akan bertahan lama. Berikut ini adalah 10 ide bisnis menguntungkan untuk mahasiswa pecinta gunung.

Jasa Guide Pendakian

Bagi kamu yang sudah berpengalaman mendaki gunung, menawarkan jasa guide pendakian bisa menjadi pilihan tepat. Kamu dapat memandu pendaki pemula atau kelompok pendaki yang ingin mendaki gunung tertentu. Modal yang dibutuhkan tergolong kecil, hanya perlu peralatan pendakian yang mumpuni dan pengetahuan yang luas tentang gunung yang akan dituju. Keuntungan yang diperoleh bisa bervariasi tergantung lama pendakian, jumlah pendaki, dan tingkat kesulitan gunung.

Penyewaan Peralatan Pendakian

Bagi kamu yang memiliki banyak peralatan pendakian, seperti tenda, sleeping bag, dan carrier, kamu bisa menyewakannya kepada pendaki lain. Bisnis ini membutuhkan modal awal untuk membeli peralatan, namun potensi keuntungannya cukup besar, terutama saat musim pendakian. Pastikan kamu membuat sistem penyewaan yang jelas dan terpercaya untuk menjaga reputasi bisnismu.

Jasa Fotografi Pendakian

Keindahan alam gunung yang menakjubkan bisa menjadi objek foto yang menarik. Bagi kamu yang memiliki kemampuan fotografi, menawarkan jasa fotografi pendakian bisa menjadi pilihan tepat. Kamu dapat mendokumentasikan perjalanan pendaki dan menghasilkan foto-foto indah yang dapat mereka jadikan kenangan. Modal yang dibutuhkan adalah kamera dan peralatan fotografi lainnya, serta skill fotografi yang mumpuni. Keuntungan yang diperoleh bisa bervariasi tergantung kualitas foto dan paket yang ditawarkan.

Penjualan Perlengkapan Pendakian

Jika kamu memiliki pengetahuan yang luas tentang perlengkapan pendakian, kamu bisa membuka toko online atau offline yang menjual perlengkapan tersebut. Kamu bisa bekerja sama dengan supplier untuk mendapatkan harga yang lebih murah, dan menjualnya dengan harga eceran kepada pendaki. Modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini bisa bervariasi tergantung jenis dan jumlah produk yang dijual. Keuntungan yang diperoleh bisa cukup besar, terutama jika kamu dapat menjangkau target pasar yang tepat.

Jasa Pembuatan Itinerary Pendakian

Bagi kamu yang pandai membuat itinerary pendakian, kamu bisa menawarkan jasa ini kepada pendaki lain. Kamu dapat membantu mereka merencanakan pendakian, mulai dari pemilihan gunung, menentukan jalur pendakian, hingga memperkirakan waktu dan kebutuhan logistik. Modal yang dibutuhkan tergolong kecil, hanya perlu pengetahuan yang luas tentang gunung dan kemampuan membuat itinerary yang detail dan informatif. Keuntungan yang diperoleh bisa bervariasi tergantung kompleksitas itinerary dan lama pendakian.

Blog atau Vlog Pendakian

Jika kamu pandai menulis atau membuat video, kamu bisa membuat blog atau vlog pendakian untuk berbagi pengalaman dan tips kepada pendaki lain. Kamu dapat menulis tentang berbagai topik, seperti persiapan pendakian, teknik mendaki, review perlengkapan pendakian, dan cerita-cerita menarik selama pendakian. Kamu juga bisa membuat video pendakian yang menarik dan informatif. Untuk monetisasi blog atau vlog, kamu bisa memasang iklan, bekerja sama dengan brand, atau menjual produk merchandise. Beberapa contoh vlogger gunung sukses yang dapat dicontoh sebut saja Dzawin hingga musisi Fiersa Besari.

Jasa Porter Pendakian

Bagi kamu yang memiliki kekuatan fisik yang baik, menawarkan jasa porter pendakian bisa menjadi pilihan tepat. Kamu dapat membantu pendaki membawa barang bawaan mereka selama pendakian. Modal yang dibutuhkan tergolong kecil, hanya perlu peralatan pendakian yang mumpuni dan stamina yang kuat. Keuntungan yang diperoleh bisa bervariasi tergantung lama pendakian, jumlah barang bawaan, dan tingkat kesulitan gunung.

Jasa Penyelamatan Pendakian

Bagi kamu yang memiliki kemampuan dan pengalaman dalam SAR (Search and Rescue), kamu bisa menawarkan jasa penyelamatan pendakian. Kamu dapat membantu mencari dan menolong pendaki yang tersesat atau mengalami kecelakaan di gunung. Modal yang dibutuhkan adalah peralatan SAR yang lengkap dan kemampuan medis dasar. Keuntungan yang diperoleh bisa bervariasi tergantung operasi penyelamatan yang dilakukan.

Halaman:

Editor: Khaerul Amanah

Sumber: nerdwallet.com savethestudent.org


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah