Mahasiswa Pecinta Masak Harus Mulai Bangun Branding untuk Lakukan 10 Ide Bisnis Menguntungkan Ini

- 22 Juni 2024, 12:10 WIB
Ide bisnis untuk mahasiswa yang punya hobi masak. Ilustrasi dari PIXABAY
Ide bisnis untuk mahasiswa yang punya hobi masak. Ilustrasi dari PIXABAY /

PR JATENG - Bagi para mahasiswa dengan hobi memasak, keahlian ini bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Tak hanya menyalurkan hobi, bisnis kuliner juga berpotensi mendatangkan keuntungan yang lumayan. Beberapa di antara rekomendasi 10 ide bisnis untuk kamu si pecinta masak ini, hanya membutuhkan branding alih-alih modal berupa nominal yang besar. Branding dapat dibangun dengan memanfaatkan media sosial hingga event-event yang digelar. Berikut ini adalah 10 ide bisnis menguntungkan untuk kamu si mahasiswa pecinta masak.

Jualan Makanan Rumahan

Bisnis ini tergolong mudah dan minim modal. Mahasiswa dapat menjual makanan rumahan seperti nasi goreng, lauk pauk, sayur, atau camilan kepada teman, tetangga, atau melalui media sosial. Modal yang dibutuhkan hanya untuk peralatan masak, bahan baku, dan kemasan. Perkiraan keuntungan bervariasi tergantung jenis makanan dan harga jual.

Jasa Katering

Bagi yang memiliki bakat memasak untuk acara spesial, jasa katering bisa menjadi pilihan. Target pasarnya bisa mahasiswa, keluarga, atau kantor. Modal yang dibutuhkan untuk peralatan masak dan transportasi. Perkiraan keuntungan dari jasa katering terbilang besar, tergantung jumlah pesanan dan jenis acara.

Menjual Kue dan Camilan

Kue dan camilan selalu digemari banyak orang. Mahasiswa dapat berkreasi dengan resep andalannya dan menjualnya secara online maupun offline. Modal yang dibutuhkan untuk bahan baku, peralatan kue, dan kemasan. Perkiraan keuntungan dari bisnis ini cukup menjanjikan, dengan target pasar yang luas.

Membuka Warung Kopi/Teh

Bagi pecinta kopi atau teh, membuka warung kopi/teh kekinian bisa menjadi pilihan tepat. Modal yang dibutuhkan untuk sewa tempat, peralatan, dan bahan baku. Perkiraan keuntungan dari bisnis ini terbilang besar, tergantung lokasi dan strategi pemasaran.

Menyediakan Sarapan Pagi

Menyediakan sarapan pagi untuk mahasiswa atau pekerja kantoran bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Modal yang dibutuhkan untuk bahan baku, peralatan masak, dan tempat berjualan. Perkiraan keuntungan dari bisnis ini cukup menjanjikan, dengan target pasar yang jelas.

Membuka Jasa Memasak

Bagi yang memiliki keahlian memasak profesional, membuka jasa memasak bisa menjadi pilihan. Target pasarnya bisa keluarga, acara spesial, atau kelas memasak. Modal yang dibutuhkan untuk peralatan masak dan transportasi. Perkiraan keuntungan dari jasa memasak terbilang besar, tergantung reputasi dan jenis masakan yang ditawarkan.

Menjual Makanan Beku

Makanan beku menjadi solusi praktis bagi orang yang sibuk. Mahasiswa dapat menjual berbagai jenis makanan beku seperti bakso, sosis, nugget, atau olahan lainnya. Modal yang dibutuhkan untuk peralatan masak, freezer, dan kemasan. Perkiraan keuntungan dari bisnis ini cukup menjanjikan, dengan target pasar yang luas.

Menjadi Food Blogger/Vlogger

Bagi yang gemar membagikan resep dan kreasi masakan, menjadi food blogger/vlogger bisa menjadi pilihan. Modal yang dibutuhkan untuk kamera, peralatan masak, dan platform online. Perkiraan keuntungan dari bisnis ini berasal dari iklan, endorse, atau kerjasama dengan brand.

Menulis Buku Resep

Jika memiliki bakat menulis dan fotografi, menulis buku resep bisa menjadi pilihan menarik. Modal yang dibutuhkan untuk kamera, peralatan masak, dan biaya penerbitan. Perkiraan keuntungan dari bisnis ini berasal dari penjualan buku resep.

Halaman:

Editor: Khaerul Amanah

Sumber: zedchef escoffier


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah