Kamu Hobi Masak dan Pingin Dapat Uang Tambahan? Coba 10 Ide Bisnis Ini

- 20 Juni 2024, 13:10 WIB
Ide bisnis untuk mahasiswa hobi masak.
Ide bisnis untuk mahasiswa hobi masak. /Ilustrasi dari PIXABAY/

PR JATENG - Bagi para mahasiswa yang memiliki hobi memasak, bukan hal yang mustahil untuk mengubah minat tersebut menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Di era digital ini, banyak kemudahan yang bisa dimanfaatkan untuk memulai usaha kuliner dengan modal minim. Ide bisnis di bawah ini cocok untuk kamu, si mahasiswa yang punya hobi masak dan pingin dapat uang tambahan.

Jualan Makanan Rumahan Online

Tingginya kesibukan masyarakat dan kemudahan memesan makanan secara online membuka peluang bagi bisnis makanan rumahan. Modal yang dibutuhkan relatif kecil, hanya untuk peralatan dapur, bahan baku, dan platform online. Keuntungannya pun bisa cukup besar, tergantung jenis makanan dan target pasar.

Jasa Katering Mahasiswa

Menawarkan jasa katering untuk acara-acara kampus seperti seminar, workshop, atau reuni bisa menjadi pilihan yang tepat. Modal yang dibutuhkan adalah peralatan masak dan bahan baku. Perkiraan keuntungannya bisa bervariasi tergantung jenis acara dan jumlah porsi yang dipesan.

Camilan Kekinian

Siapa yang tidak suka camilan kekinian? Bisnis ini bisa dimulai dengan modal kecil dan bahan-bahan yang mudah didapat. Manfaatkan media sosial untuk memasarkan produk dan tawarkan pre-order untuk meminimalkan risiko kerugian. Keuntungannya bisa berlipat ganda jika produk digemari banyak orang.

Dessert Box

Tren dessert box yang sedang naik daun bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini adalah sekitar Rp500 ribu - Rp1 juta untuk peralatan dapur, bahan baku, dan kemasan. Perkiraan keuntungannya bisa mencapai 50% dari modal yang dikeluarkan.

Membuka Kafe Mini

Bagi yang memiliki modal lebih, membuka kafe mini bisa menjadi pilihan yang menarik. Pilih lokasi strategis dan tawarkan menu-menu yang unik dan kreatif. Modal yang dibutuhkan sekitar Rp5 juta - Rp10 juta untuk renovasi tempat, peralatan dapur, bahan baku, dan perlengkapan lainnya. Keuntungannya bisa bervariasi tergantung jumlah pengunjung dan harga menu yang ditawarkan.

Menjual Bumbu Siap Pakai

Bagi yang mahir membuat bumbu, bisnis menjual bumbu siap pakai bisa menjadi pilihan yang tepat. Modal yang dibutuhkan adalah untuk peralatan masak, bahan baku, dan kemasan. Perkiraan keuntungannya bisa mencapai 40% dari modal yang dikeluarkan.

Jasa Memasak Online

Menawarkan jasa memasak online melalui platform seperti Instagram atau YouTube bisa menjadi cara yang kreatif untuk menjangkau pelanggan. Modal yang dibutuhkan hanya peralatan dapur dan bahan baku. Keuntungannya bisa bervariasi tergantung jenis masakan dan harga yang ditawarkan.

Mengajar Kelas Memasak Online

Bagi yang memiliki keahlian memasak yang mumpuni, mengajar kelas memasak online bisa menjadi pilihan yang menguntungkan. Modal yang dibutuhkan adalah platform online dan alat untuk merekam video. Keuntungannya bisa bervariasi tergantung jumlah peserta dan harga yang ditawarkan.

Menulis Blog atau Vlog Kuliner

Bagi yang gemar menulis atau membuat video, bisa mencoba membuat blog atau vlog kuliner. Modal yang dibutuhkan hanya platform online dan alat untuk membuat konten. Keuntungannya bisa datang dari iklan, sponsor, atau kerjasama dengan brand.

Halaman:

Editor: Khaerul Amanah

Sumber: Shopee The Chef Alliance


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah