1.200 Hektare Lahan Pertanian Kekeringan & Gagal Panen di Rembang, Petani Ajukan Klaim Asuransi

- 29 Juni 2024, 09:49 WIB
1.200 Hektare Lahan Pertanian Kekeringan & Gagal Panen di Rembang, Petani Ajukan Klaim Asuransi
1.200 Hektare Lahan Pertanian Kekeringan & Gagal Panen di Rembang, Petani Ajukan Klaim Asuransi /Pemprov Jateng

PR JATENG – Sebanyak 1.200 hektare lahan pertanian di daerah Rembang mengalami kekeringan dan gagal panen yang mayoritas lahan tersebut berada di Kecamatan Sumber dan Kaliori. Untuk itu para petani sudah mengajukan klaim asuransi. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dintanpan) Kabupaten Rembang Agus Iwan Haswanto, saat ditemui di Kantor Dintanpan setempat, Kamis 27 Juni 2024.

Disampaikan, beberapa lahan tersebut telah gagal panen, dan pihaknya sedang mengupayakan agar kerugian tersebut dapat ditutup dengan klaim asuransi. Setiap hektare sawah yang diasuransikan, dapat menerima klaim hingga Rp6 juta, tergantung kondisi lapangan. Beberapa klaim sudah diajukan.

“Saat ini, 120 hektare lahan yang gagal panen sudah disurvei oleh pihak penjamin,” ungkap Agus seperti dikutip dari lamam Pemprov Jateng.

Baca Juga: Kabupaten Rembang Gagas Program Wisata Masuk Sekolah

Selain mengupayakan klaim asuransi, pihaknya juga membangun sumur di berbagai lokasi untuk membantu pengairan sawah. Sekitar 60 sumur telah dibangun dengan dana dari APBN.

“Dengan bantuan dari APBN, 60 kelompok tani mendapatkan sumur. Harapan kami, sumur ini dapat segera digunakan untuk menyelamatkan tanaman yang masih ada,” jelasnya.

Sebelumnya, pihaknya telah bekerja sama dengan Kodim, meminjamkan 130 pompa air kepada kelompok tani untuk membantu pengairan. Rencananya, ratusan pompa air tambahan akan dihibahkan kepada petani.

Namun, imbuh Agus, petani menghadapi masalah lain, yaitu sejumlah sungai yang mulai mengering. Di muara sungai, air laut naik dan menghambat aliran sungai.

Baca Juga: PPDB Jateng 2024! Daftar Wilayah Zonasi PPDB SMA Kabupaten Rembang, Lengkap Titik Koordinat dan Alamat Sekolah

Halaman:

Editor: Verdy

Sumber: Pemprov Jateng


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah