Tradisi Pasca Lebaran: Memahami Makna Apa Itu Halalbihalal? Dilihat Dari 3 Pendekatan

- 17 April 2024, 10:53 WIB
Ilustrasi, ini 7 tips halalbihalal Lebaran Idul Fitri tetap aman dari penularan kasus Covid 19
Ilustrasi, ini 7 tips halalbihalal Lebaran Idul Fitri tetap aman dari penularan kasus Covid 19 /Tangkapan layar Pexels/mentatdgt

PR Jateng – Tradisi yang sering dilakukan ketika lebaran Idul Fitri tiba yaitu halalbihalal. Namun tahukan Anda makna dari halalbihalal tersebut? Berikut penjelasannya.

Guru PAI SMP Sandika Kabupaten Banyuasin, Astrida, S.Pd.I., mengatakan halalbihalal merupakan tradisi masyarakat Indonesia yang dilakukan sesudah hari lebaran, baik di kalangan instansi pemerintah, perusahaan, dunia Pendidikan, maupun kelompok masyarakat. 

“Kegiatan ini tentu saja menjadi tradisi tahunan yang unik dan tetap dipertahankan serta dilestarikan. Ini adalah refleksi ajaran Islam yang menenkankan sikap persaudaraan, persatuan, dan saling berbagi kasih sayang pasca lebaran,” tulisnya di laman sumsel.kemenag.go.id.

Astrida menyebut dalam perjalanan hidup manusia tidak selalu luput dari dosa, halalbihalal menjadi momentum penting untuk saling memaafkan baik secara individu maupun kelompok.

Baca Juga: Di Purbalingga Harga Sejumlah Sembako Masih Tinggi Sepekan Setelah Lebaran

“Halalbihalal dilihat dari sisi silaturahmi dapat menjadi perantara untuk memperluas rezeki dan memperpanjang umur, sebagaimana keterangan sebuah hadis dari Abu Hurairah ra, ia berkata bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda : “Barangsiapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, hendaklah ia bersilaturahmi”,” jelasnya.

Astrida pun memjelaskan lebih rinci arti penting halalbihalal yang ditinjau dari tiga pendekatan, yaitu pendekatan Bahasa, pendekatan hukum, dan pendekatan Alquran yang diuraikan berikut.

Makna Halalbihalal Melalui 3 Pendekatan

Pendekatan Bahasa 

Halalbihalal merupakan budaya yang hanya ada di Indonesia dan istilahnya memakai Bahasa Arab, maka untuk mengartikan halalbihalal dibuhakan pendekatan Bahasa Indonesia dan Bahasa Arab.

Menurut Menurut kamus besar bahasa Indonesia, halal bihalal berarti acara maaf-maafan pada hari lebaran, sehingga mengandung unsur silaturahmi.

Halaman:

Editor: Titis Ayu

Sumber: Kemenag


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah